Recents in Beach

header ads

Unreal Engine 4 Tutorial Pemula B. Indonesia ( Apa itu Node ) Part 6

Sebelum Anda mulai membuat materi Anda, Anda perlu tahu tentang objek yang digunakan untuk membuatnya: node.

Node membentuk mayoritas dari suatu material. Banyak jenis node tersedia dan menawarkan fungsi yang berbeda.

Node dapat memiliki input dan output, yang diwakili oleh lingkaran dengan panah. Input akan berada di sisi kiri dan output akan berada di sisi kanan.

Berikut adalah contoh menggunakan simpul Multiply dan Constant3Vector untuk menambahkan kuning ke tekstur:

20

Materi memiliki simpul khusus yang disebut simpul Hasil, yang telah dibuat untuk Anda dalam hal ini sebagai Banana_Material. Di sinilah semua node Anda pada akhirnya akan berakhir. Apa pun yang Anda tancapkan ke simpul ini akan menentukan bagaimana materi akhir terlihat.

25

Adding Textures


Untuk menambahkan warna dan detail pada model, Anda perlu tekstur. Tekstur hanyalah gambar 2D. Biasanya, mereka diproyeksikan ke model 3D untuk memberikan warna dan detail.

Untuk tekstur pisang, Anda akan menggunakan Banana_Texture.jpg. Node TextureSample akan memungkinkan Anda untuk menggunakan tekstur dalam materi Anda.

Arahkan ke panel Palette dan cari TextureSample. Tambahkan simpul dengan menahan klik kiri dan menariknya ke dalam grafik.

21

Untuk memilih tekstur, pastikan simpul TextureSample dipilih. Arahkan ke panel Detail Anda dan klik tarik-turun yang terletak di sebelah kanan Tekstur.

22

Menu yang muncul akan mencantumkan semua tekstur di proyek Anda. Pilih Banana_Texture.

23

Untuk melihat tekstur pada mesh pratinjau, Anda perlu menghubungkannya ke simpul Hasil. Tahan klik kiri pada pin output putih dari simpul TextureSample. Seret ke pin input Warna Dasar dari node Hasil.

24

Kembali ke Viewport untuk melihat tekstur pada mesh pratinjau. Putar di sekitar (dengan menahan tombol kiri mouse dan menarik) untuk melihat detail lainnya.

26

Klik Terapkan di Bilah Alat untuk memperbarui materi Anda, dan tutup editor Bahan - Anda selesai di sini.

Post a Comment

0 Comments