Recents in Beach

header ads

Unreal Eninge 4 Tutorial Untuk Pemula B. Indonesia ( Tentang Blueprint Nodes ) Part 10 END

Tentang Blueprint Nodes

Sudah waktunya untuk membuat turntable rotate. Di sinilah node Blueprint masuk ..

Tidak seperti sepupu-sepupu simpul materi mereka, simpul Blueprint memiliki pin khusus yang disebut pin Eksekusi. Pin di sebelah kiri adalah input dan pin di sebelah kanan adalah output. Semua node akan memiliki setidaknya satu dari ini.

Jika sebuah node memiliki pin input, ia harus memiliki koneksi sebelum dapat dieksekusi. Jika sebuah node tidak terhubung, setiap node berikutnya tidak akan dieksekusi.


Berikut ini sebuah contoh:

43

Node A dan Node B akan dieksekusi karena pin input mereka memiliki koneksi. Node C dan Node D tidak akan pernah dijalankan karena pin input Node C tidak memiliki koneksi.

Memutar Meja Putar

Sebelum Anda mulai, lihat panel Komponen. Anda akan melihat bahwa Cylinder dan Static Mesh diberi indentasi tetapi DefaultSceneRoot tidak. Ini karena mereka dilampirkan ke DefaultSceneRoot.

components

Jika Anda memindahkan, memutar atau skala komponen root, komponen yang terpasang juga akan. Dengan menggunakan perilaku ini, Anda dapat memutar Cylinder dan Static Mesh bersamaan daripada satu per satu.

Membuat Node

Untuk memulai skrip, kembali ke tab Grafik Acara.

Membuat objek memutar sangat sederhana sehingga Anda hanya perlu membuat satu simpul. Klik kanan ruang kosong pada grafik untuk memunculkan menu node yang tersedia. Cari AddLocalRotation. Karena Anda perlu memutar alas dan pisang, Anda cukup memutar komponen root. Pilih AddLocalRotation (DefaultSceneRoot).


Catatan: Jika simpul tidak terdaftar, hapus centang Konteks Sensitif di kanan atas menu.

41

Grafik Anda sekarang akan memiliki simpul AddLocalRotation baru. Input Target akan secara otomatis memiliki koneksi ke komponen yang Anda pilih.

Untuk mengatur nilai rotasi, buka input Rotasi Delta dan ubah nilai Z ke 1.0. Ini akan menyebabkan Cetak Biru berputar di sekitar sumbu Z-nya. Nilai yang lebih tinggi akan memutar meja putar lebih cepat.

42

Untuk terus memutar meja putar, Anda perlu memanggil AddLocalRotation setiap frame. Untuk mengeksekusi node setiap frame, gunakan node Event Tick. Sudah ada di grafik Anda. Jika tidak, Anda dapat membuatnya menggunakan metode yang sama seperti sebelumnya.

Seret pin output dari simpul Event Tick ke pin input dari node AddLocalRotation.

44

Catatan: Dalam implementasi ini, laju rotasi tergantung pada laju bingkai. Ini berarti turntable akan berputar pada tingkat yang lebih lambat pada mesin yang lebih lambat dan sebaliknya. Itu bagus untuk tutorial ini karena saya ingin membuat hal-hal sederhana, tetapi saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menyelesaikannya dalam tutorial mendatang.

Terakhir, buka Bilah Alat dan klik Kompilasi untuk memperbarui Cetak Biru Anda, lalu tutup editor Blueprint.

compile

Menambahkan Blueprint Ke Level


Sebelum menambahkan Cetak Biru, kembali ke Viewport di editor utama dan hapus model pisang. Untuk melakukan ini, pilih model dan kemudian pilih Edit \ Delete atau tekan tombol Delete Anda.

Menambahkan cetak biru adalah proses yang sama dengan menambahkan mesh. Tahan klik kiri pada file dan seret ke Viewport

Navigasikan ke Toolbar dan tekan Mainkan untuk melihat semua kerja keras Anda dalam aksi!

45

Catatan: Jika Anda tidak menghapus model pisang asli, Anda mungkin mendapat peringatan yang menyatakan bahwa pencahayaan perlu dibangun kembali. Jika Anda menghapus model, kesalahan tidak akan muncul lagi.

Ke mana Pergi Dari Sini?
Anda dapat mengunduh proyek yang sudah selesai di sini.

Ok Kalian sudah banyak belajar tentang unreal ini walaupun ini hanya sebagian kecil untuk pembelajaran unreal, tapi dengan mengetahui tentang unreal ini pastinya pengalaman kalian untuk membuat suatu game di unreal akan semakin cepat,

Saran saya jangan bosen2nya kalian terus mencoba dan ber experimen dalam pembuat game yah karena semakin kalian belajar dan mencoba saya yakin akan semakin kalian ahli dalam pembuatan game dengan menggunakan unreal ini. 

saya akan mencoba membuat artikel lainnya lagi yah. so suport terus blog ini yah dan kalau kalian ingin melihat tutorial videonya bisa langsinmg berkunjung ke youtube saya di Seraphi Prasta

atau bisa langsung liat videonya di bawah ini





Post a Comment

0 Comments